' Apa Saja yang Dapat Ditangani di Klinik Dokter Kandungan ? Cek di Sini Sekarag! - birthdaychoice.net

Apa Saja yang Dapat Ditangani di Klinik Dokter Kandungan ? Cek di Sini Sekarag!

Banyak yang salah kaprah dan menganggap klinik dokter kandungan tidak hanya menangani atau memeriksa kondisi ibu hamil. Padahal pada kenyataannya, terdapat banyak hal yang dapat ditangani oleh dokter spesialis kandungan. Karena dokter spesialis ini juga memiliki fokus seputar masalah kesehatan reproduksi wanita secara keseluruhan. Berikut beberapa peran dokter kandungan.

Apa Saja yang Dapat Ditangani di Klinik Dokter Kandungan

Peran dari Dokter Kandungan

1. Kehamilan

Sesuai dengan namanya, tentu dokter spesialis kandungan memiliki peran yang penting dalam masa kehamilan. Dokter kandungan dapat memberikan konsultasi hingga pemeriksaan terhadap ibu hamil dan janin. Karena kehamilan sendiri pada masing masing orang mungkin mempunyai jenis yang berbeda, sehingga penanganannya juga tidak akan sama.

Misalnya untuk kehamilan yang normal, maka prosesnya akan terjadi di dalam rahim dan janin akan berkembangnya di sana hingga bayi siap lahir ke dunia. Namun ada pula kehamilan luar rahim atau ektopik hingga kehamilan anggur. Yang mana janin tidak tumbuh seperti di dalam rahim seperti kehamilan normal. Dalam hal ini, dokter akan memeriksa untuk memberikan penanganan tepat.


2. Kehamilan Berisiko

Di klinik dokter kandungan, kehamilan berisiko juga bisa dipantau dengan baik agar mencegah terjadinya berbagai hal yang tidak diinginkan. Dimana kehamilan berisiko tersebut yaitu ketika seseorang hamil pada usia yang terlalu muda, atau sebaliknya terlalu tua, sehingga dikatakan memiliki risiko cukup tinggi.

Pasalnya ketika hamil pada usia yang terlalu muda, maka tubuh dikhawatirkan belum siap untuk menerima serangkaian proses mulai dari hamil hingga persalinan. Sementara pada usia yang terlalu tua pun risikonya tidak kalah tinggi, karena tubuh ditakutkan tidak kuat mengalami serangkaian prosesnya. Terlebih jika ditambah dengan riwayat penyakit dari ibu hamil.


3. Solusio Plasenta dan Preeklamsia

Calon ibu akan dibantu untuk melewati masa kehamilan dengan sebaik mungkin, agar bayi lahir dengan sehat tanpa kurang satu apapun. Hal ini dilakukan dengan menangani berbagai masalah yang mungkin terjadi seperti solusio plasenta dan preeklamsia. Solusio plasenta adalah kondisi ketika plasenta terlepas dari rahim sebelum waktunya.

Sedangkan preeklamsia adalah kondisi yang ditandai dengan protein yang keluar dari urine, munculnya tekanan darah tinggi, dan tungkai ibu hamil menjadi bengkak. Selain kedua masalah ini, sebenarnya cukup banyak masalah lainnya yang bisa terjadi pada bumil. Sehingga dengan pengecekan rutin, maka diharapkan dapat mencegah beberapa kondisi ini.


4. Masalah Reproduksi Wanita

Seperti yang telah disinggung di awal, bahkan klinik dokter kandungan tidak hanya melakukan pemeriksaan dan menangani masalah ibu hamil dan janinnya saja. Namun berbagai masalah kesehatan reproduksi wanita juga bisa dikonsultasikan. Mulai dari masalah seputar menstruasi, keputihan yang tidak normal, gangguan hormonal, hingga PCOS.

Jadi bagi wanita, penting sekali untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan meski tidak dalam kondisi hamil. Disarankan bagi wanita yang aktif secara seksual atau yang memiliki usia di atas 21 tahun untuk melakukan check up, agar terhindar dari berbagai masalah reproduksi. Deteksi dini terhadap masalah ini tentunya akan meminimalisir masalah yang lebih parah.

Info lengkap : https://www.omdc.co.id/klinik-dokter-kandungan-obgyn

 
Copyright © 2015. birthdaychoice.net.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License