' Pertolongan Pertama Saat si Kecil Kesulitan Bernapas - birthdaychoice.net

Pertolongan Pertama Saat si Kecil Kesulitan Bernapas

Bagi Anda yang memiliki anak dengan penyakit Asma, Pneumonia, atau penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan lainnya, tentu akrab dengan alat nebulizer untuk pernapasan sebagai alat bantu yang dapat digunakan dalam keadaan darurat. Meski sering menghadapi situasi yang mengkhawatirkan, ternyata banyak orang tua yang masih merasakan panik dalam mengatasi kondisi anak yang sedang kambuh, lho. Rata-rata hal ini terjadi karena para orang tua belum memiliki pengetahuan terkait dengan gejala yang ditunjukkan serta penanganannya.

Beragam gejala gangguan pernapasan pada anak dapat Anda amati dalam kegiatannya sehari-hari. Misalnya saja, Anda dapat mengamati bunyi napas si kecil ketika tidur, apakah bunyinya seperti siulan, atau terdengar serak. Jika gejalan-gejala yang terlihat semakin buruk, ada baiknya Anda mengetahui pertolongan pertama pada anak saat si kecil mengalami kambuh atau kesulitan bernapas agar sakit anak dapat segera tertangani dengan cepat, simak ulasannya sebagai berikut.

Pertolongan Pertama Saat si Kecil Kesulitan Bernapas

·         Ajari anak bernapas dari mulut.

Jika anak Anda sudah cukup besar, cobalah ajari anak Anda cara bernapas melalui mulut dengan cara mencontohkannya. Teknik pernapasan ini akan membantu anak menemukan cara terbaik untuk tetap bernapas saat gangguan sudah mulai ia rasakan. Bernapas dengan mulut membuat napas yang diambil akan lebih dalam sehingga efektif mengatasi rasa sakit di dada untuk sementara waktu.

·         Posisikan anak Anda diposisi yang nyaman.

Ketika kambuh, cara yang paling baik adalah mengarahkan posisi tubuh Anak agar tetap nyaman dan mengurangi rasa sakit. Anda bisa mencoba cara berbaring atau posisi duduk dengan sedikit membungkuk untuk memudahkan si kecil bernapas secara normal.

·         Oleskan balsam khusus pelega pernapasan.

Agar si kecil kian nyaman, Anda dapat mengoleskan balsam khusus pelega pernapasan di area dada, punggung serta leher. Pastikan balsam yang digunakan khusus dan tidak terlalu panas, jangan sampai balsam yang Anda balurkan justru membuat kulit anak terasa terbakar.

·         Gunakan oksigen dan segera larikan ke rumah sakit terdekat.

Jika anak Anda memang menderita gangguan pernapasan yang kronis, selalu sediakan alat bantu pernapasan dengan oksigen di rumah. Berikan oksigen dengan dosis yang cukup, dan jika Anda sudah tenang, segera larikan si kecil ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.


Itu dia beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama bagi si kecil yang mengidap gangguan pernapasan. Banyak-banyak membaca artikel terkait dengan sakit yang diderita anak Anda dan berikan perawatan terbaik selama di rumah untuk mengurangi intensitas kambuh yang mungkin sebelumnya sering terjadi. Selain itu, selalu perhatikan aktivitas anak Anda, usahakan agar anak Anda memiliki aktivitas yang tidak berlebihan agar tidak mudah lelah dan memicu penyakit yang diderita kambuh.

 
Copyright © 2015. birthdaychoice.net.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License