' Regulasi Pengiriman Barang ke Luar Negeri - birthdaychoice.net

Regulasi Pengiriman Barang ke Luar Negeri

Tidak sedikit warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja, belajar atau tinggal di luar negeri. Beberapa dari Anda yang tinggal di luar negeri tentu ingin mengirim barang ke keluarga Anda di Indonesia. Tidak masalah apakah itu dokumen penting seperti ijazah atau barang khas negara tempat Anda tinggal dalam bentuk ''hadiah'' untuk keluarga Anda di rumah. Pengiriman barang ke luar negeri memang tidak mudah.

Namun bukan berarti Anda tidak perlu tahu tentang birokrasi ini. Saat mengirim barang dari tempat tinggal di luar negeri ke keluarga Anda di Indonesia, ada beberapa syarat pengiriman yang harus Anda perhatikan apalagi mengingat Anda tinggal di negara lain yang memiliki kebijakan yang berbeda dari Indonesia.

Regulasi Pengiriman Barang ke Luar Negeri


Tata Cara Kirim Barang ke Luar Negri

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah berat total kiriman Anda tidak melebihi 100 kg dengan berat bersih setiap kiriman. Sebaliknya, untuk kargo dengan berat bersih lebih dari 100 kg per kargo, berlaku ketentuan umum di bidang impor (impor umum).

Anda dapat melengkapi ketentuan umum ini dengan melengkapi dokumen Pemberitahuan Impor Barang (PIB). Namun, ada beberapa pengecualian mengenai berat barang yang diberikan terhadap 2 kondisi yaitu :

  1. Barang kiriman untuk tujuan tempat penimbunan berikat
  2. Barang kiriman lainnya yang memperoleh ijin dari Direktur Jenderal Bea dan Cukai. 

Pengiriman barang ke luar negeri dalam hal barang untuk tujuan penelitian, seperti uji klinis, pengembangan produk, sampel registrasi, dukungan/subsidi/donasi, keperluan pameran, dan penggunaan pribadi/sendiri, produk yang dikirim dapat dibuat melalui mekanisme jalur khusus dengan permohonan Izin SAS (Special Access Scheme) langsung ke BPOM.

Selain makanan, untuk mengirim kosmetik ke keluarga Anda dari negara asal Anda ke Indonesia, produk tersebut harus terlebih dahulu disetujui oleh BPOM, yang dikukuhkan dengan Surat Keterangan Impor (SKI).

Jika ingin mengirimkan barang elektronik berupa handphone, tab atau tablet PC, dapat mengirimkan tidak lebih dari dua barang sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan. Sehubungan dengan pengangkutan hewan, tumbuhan, dan ikan, produk tersebut harus mendapat izin pemasukan dari Badan karantina.

Jadi untuk alur prosesnya, Anda tentu mengantar barang terlebih dahulu ke jasa pengiriman di kota tempat Anda tinggal yang menawarkan layanan kirim ke luar negeri. Barang nantinya akan diperiksa dan dibongkar yang juga akan disaksikan oleh petugas Bea Cukai dan kurir. Apabila lolos pemeriksaan dan memenuhi peraturan bea masuk dan pajak impor, barang akan dikemas kembali dan dikirim ke alamat penerima.


Apabila Anda ingin impor barang dari India, Kilo.id akan senantiasa membantu Anda dalam pengiriman hingga sampai ke alamat penerima. Anda juga tidak perlu lagi repot memikirkan jasa ekspedisi karena telah tersedia di Kilo.id yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Deskripsi : pengiriman barang ke luar negeri harus mengikuti prosedur pengiriman dan regulasi yang sedang berlaku. 
 
Copyright © 2015. birthdaychoice.net.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License